Header Ads

ALIANSI MAHASISWA PAPUA DI MATA PEREMPUAN UTARA KEPALA BURUNG CENDRAWASI, PAPUA.


Di kota Gudeg- sebutan lain untuk kota Yogyakarta,  maku moof sedang mencuri ilmu. Dia adalah salah satu dari sekian banyak angrek-angrek hitam yang sedang tumbuh di atas raksasa-raksas rakus yang tak pernah musnah ketika hanya diam bersama mereka. Anggrek hitam manis dari neraka kecil yang jatuh di utara kepala burung Cendrawasi- Tambrauw. Neraka kecil karena menyimpan banyak kekayaan yang memberi derita bagi masyrakat asli Tambrauw.  Dia berbadan kecil dan halus. Saat itu, dia berjabat sebagai ketua Ikatan Keluarga, Pelajar, dan  Mahasiswa Aifat, Mare, dan Karoon (IKPM-AMK) pada tahun 2014. Suatu hari, mereka mengadakan kegiatan pencarian dana. Mereka sangat membutuhkan suatu alat untuk mengalirkan aliran listrik. Alat yang mereka membutuhkan adalah Genset. Mereka sudah mengeliling kota Gudeg ,  tetapi semuany mahal. Entahlah, roh apa membawanya ke gubuk 105. Gubuk yang penuh lukisan tangan. Lukisan-lukisan harapan yang harus direbut dan diciptakan oleh seluruh rakyat Papua, terlebih khusus generasi Papua.  Dari sekian tangan hanya satu yang dia kenal. Dia sosok laki-laki Papua yang selalu tersenyum lebar bagi siapa saja yang lewat di depan gubuk itu. Dia adalah  Telius Yikwa. Dia penjaga setia gubuk revolusioner, 105 Kamasan saa itu,  gubuk Papua merdaka harga mati.
***
Setelah bertemu abang, Telius Yikwa. Diapun melayangkan surat kepada Komrade Jefry Wenda. Komrade saat itu sebagai ketua AMP KK-Yogya. Surat secara resmi dan pesan singkat dilayangkan kepadanya bahwa mereka akan meminjam Gengset. Dia pun kembali ke rumah. Ketika di dalam perjalanan ada pesan singkat yang masuk di hpnya “ Barang itu orang tua di hutan yang kirim jadi tolong jaga baik-baik!”.   Pesan singkat dari kawan Jefry. Serasa seperti ada duri pedis yang menusuk lambung menembus di saraf-saraf kepala. Dan saat itulah, dia mulai belajar dan berusaha untuk melibatkan diri di setiap lembaran perjalanan AMP  walaupun dia belum memahami landasan dasar ( platform) dan visi AMP, hanya bermodal; balas budi,  ingin tahu, beranikan diri, dan semangat. AMP kepanjangan kata dari aliansi mahasiswa Papua. AMP  merupakan sebuah organisasi gerakan atau politik yang dibentuk oleh mahasiswa Papua di Yogyakarta, selanjutnya secara organisasi dideklarasikan di Jakarta pada tanggal 30 May 1998. Organisasi ini lahir di tengah situasi represi negara di Tanah Papua, khususnya di Biak, yang dikenal dengan pristiwa Biak Berdarah. Platform AMP yaitu ; Melawan Neokolonialisme Indonesia, Melawan Neo Liberalisme/Imperialisme Ekonomi Global, dan Melawan Militerisme Indonesia. Selain itu , AMP juga mempunyai visi yaitu Membebaskan Negeri West Papua dari Segala macam Bentuk Penindasan dan Penjajahan bagi Umat Manusia dan Menciptakan Rakyat West Papua yang Berdaulatan secara Politik, dengan pembentukan Negara West Papua yang mandiri.
***
Sebelum mengenal AMP dan kawannya , dia tidak mengerti AMP itu apa, tujuan dan Mengapa AMP  hadir di Jawa dan Bali. Sampai-sampai diapun berpikir orang-orang yang ada di dalam AMP hanya dariWamena sekitar. Memang kalo kawan belum kenal dekat juga pasti berpikir demikian terutama kawan-kawan dari Wilayah Sorong sekitar (Papua Barat).  Terus kalo teropong dari jauh pasti yang terlintas di benakmu, kawan AMP  adalah orang-orang dengan ciri; kumis kotor, rambut gimbal, kaki baabu, super cuek, pelit senyum, tidak friendly,  dan muka penjahat,  tapi kawanku, apa yang terlintas di benakmu salah besar. Pepatah Indonesia bilang “tak kenal maka tak sayang” .  Bagi Maku Moof,  mereka adalah orang hebat walapun kumis kotor, kaki baabu tetapi pengetahuan tentang sejarah tanah dan orang Papua, mereka gurunya. Selain itu, mereka adalah generasi muda yang  kritis dan militan. Dan sesungguhnya hati mereka mulia seperti tambang mas di PT Freeport yang memberi makan untuk jutaan orang di berbagai negara rakus di dunia.
***
Baginya, AMP  tempat belajar ilmu baru yang tak pernah dapatkan di bangku SD,SMP,SMA bahkan kuliah.Di gubuk 105, dia mengenal saudranya dari berbagai daerah, mengetahui sejarah bangsanya, mengenal jati dirinya sebagai ras melanesia, Perempuan Papua,  menyadari banyak persolan di setiap aspek kehidupan masyrakat Papua; alam dan  manusia. Di sana tempat dia belajar berteriak dan bernyanyi menolak sistem negara di ruas-ruas  jalan kebenaran dan kebebasan.


***
15 Agustus 2015, panas terik, suara bising motor dan mobil, manusia lalu-lang sepanjang jalan.  Maku Moof  bersama kawan-kawannya memperingati perjanjian New York yang tidak sah bagi seluruh rakayta dan alam Papua. Hari pertama, dia berdiri di baris depan bersama kawan-kawan putri yang lain. Mereka saling bergandengan tangan yang kuat dan tidak ada cela di antara mereka. Mereka adalah kekuatan yang akan menghancurkan blokade dari para Paksikaton Yogyakarta. Paksikaton adalah organisiasi masyrakat yang tugasnya menjaga keamanaan di sekitar wilayah Malioboro. Mereka digunakan oleh TNI/PORLI untuk menghadang aski kawan-kawan AMP.   Jumlah angrek hitam tidak lebih dari sepuluh, di belakang mereka ada para serdadu jantan kekar yang siap mengopang kekutannya. Hari pertama dalam hidupnya, berhadapan dengan para Polisi dan Paksikaton Yogyakarta. Saling bergandengan tangan yang kuat dan mendorong para paksikaton sehingga mereka mampu menghancurkan blokade dari Para Paksikaton dan plosisi. Blokade dihancurkan, massa aksi beratakan, perempuan ada yang takut,  masa aksi yang lain berhadapan dengan para Polisis dan   Paksikaton, ada yang ganti pakian adat dan lari pulang ke asrama, dan ada yang berusaha mendinginkan situasi, dan  ada polisi  yang mengelurkan tembakan peringatan. Sedangkan dia  lari bersembunyi di belakang bunga. Tiga puluh menit kemudian, masa aksi kembali ke barisan dan melanjutkan long march, Kamasan-Nol KM.  Kamasan- Nol KM, Rute perjalanan revolusioner dalam bersuara dan membagi selebaran-selebaran penindasan dan penjajahan Indonesia di Papua.
***
Maku moof dari Utara Kepala Burung Cendrawsi bukan pengurus inti AMP. Namun baginya AMP bukan hanya, milik orang-orang yang ada dalam struktur AMP. AMP adalah milik seluruh masyarakat  Papua yang berada di kota Yogyakarta, Jateng dan Bali.  Pengalaman terburuk yang dia dapat, ketika bergabung dalam setiap agenda AMP, datang dari orang dekatnya. “ Mba jangan sering munculkan muka di depan garis!  Gara-gara  ko ada banyak intel yang datang ke sini! Ko bicara Papua Merdeka nanti orang bunuh ko” !  Bahasa-bahasa intimidasi seperti itu sering dihadapinya. Namun satu hal membuatnya, tetap berada di garis adalah setiap perjuangan hidup membutuhkan pengorbanan apalagi bersuara tentang Papua. Selain itu, menurutnya mati karena bersuara kebenaran lebih terhormat dari pada mati karena minuman oplosan atau mabuk lalu ditabrak. Bahasa-bahasa intimidasi meruapakan bahasa yang diciptakan oleh militer Indonesia, untuk  merusak mental setiap generasi Papua agar  tetap diam dalam setiap penindasan dan penjajahan yang dihadapi oleh orang asli Papua.  Selama bergabung di AMP, dia hanya mendengarkan setiap lontaran kata yang mematikan itu, tapi tidak melaksankan. Baginya ketakutan harus dikalahkan. Dia selalu berusaha melatih keberanian karena keberanian tidak bisa datang sendiri tetapi harus dilatih. Sama halnya dengan otot manusia. Otot manusia jika tidak dilatih bekerja keras maka akan lemah.
***
Semua hal mempunyai kekurangan dan kelebihan. Kekurangan yang selama ini, dia rasakan yaitu;  kesatu, setiap agenda rutin yang harus dijalankan setiap tahun  tidak disiapkan dengan baik jadi kadang terlihat serba mendadak. Kedua, kegiatan yang telah dilaksanakn kadang evaluasinya lambat. Ketiga, setiap masalah dalam AMP KK-Yogya tidak langsung didiskusikan secara demokrasi, namun hanya menjadi desas-desus dalam organisasi bahkan kadang saling menyidir melalui media sosial; facebook. Dan terakhir, hal yang sangat menganjal dan selalu dia bertanya dalam hati yaitu tentang kawan-kawan yang telah mengikuti pendidikan politik. Mereka setelah mengikuti pendidikan politik. Mereka bergabung sesat alias panas-panas tai ayam kemudian menghilang. Apakah teori dalam pendidikan politik yang masih salah atau orangnya yang salah?? Kata abang ego “ mendidik anjing itu lebih mudah dari pada mendidik satu manusia”.  Mungkin itu merupakan salah satu faktor dari sekian faktor-faktor yang lainnya.

Terakhir, untuk kawan-kawanku mahasiswa Papua, terlebih khusus yang dari wilayah pemerintahan Papua Barat. Jangan pernah beranggapan bahwa  AMP,  hanya berbicara persoalan Papua Merdeka, tapi di sana setiap kami akan belajar mengetahui setiap persoalan yang dihadapi masyarkat Papua dari Sorong sampai Samurai. Sehingga, setiap kami akan mempunyai sikap yang nyata, terhadap masyrakat dan Tanah Papua. .Jadi setip kami, yang kuliah di Yogyakarta, Jateng, Jabar, dan Bali. Mari kawan bergabung bersama!  Di 105, setiap kami akan belajar kritis melihat situasi, progresive, dan militan. Karena setiap kami  mempunyai hak dan kewajiban untuk bersuara tentang kebebasan dan ketidakadilan yang sedang  terjadi di West Papua. Jangan pernah takut sebelum mencoba! Karena ketakutan akan mengurungmu dalam sangkar kematian. Masalah Papua, masalah kita generasi Papua, rambut keriting, kulit hitam. Kalo bukan setiap kami yang bersuara, lalu mau menunggu malaikat turun dari atas langit  lalu kasi bangun kami?



Refrensi:
http://www.ampnews.org/2012/05/bersama-sejarah-kita-melangkah-menuju.html





6 comments:

  1. Sangat menarik perjlln bergabung di AMP .semoga dengan membaca cerita singkat ini Mahasiswa yang berdomisili di Se_jaba bisa sadar. Aminnn


    Salut
    hidup perempuan papua
    Go go go
    FWP

    ReplyDelete
  2. alelua banga papua tuhan Allah tetap buka jalan
    Amen..?

    ReplyDelete
  3. Ah sayang ,
    Terimakasih untuk tulisan yang kritis dan inspiratif.

    Maju terus perempuan papua yang kritis !

    Papua butuh.....Butuh suara kalian perempuan!

    Salam REVOLUSI
    Free west papua.

    ReplyDelete
  4. CASINO & BAR - Chicago - JTM Hub
    Casino in South Chicago 거제 출장샵 features 사천 출장마사지 a large selection of slots, video poker, Casinos in South Chicago 남원 출장샵 have plenty to offer, but the casino is 수원 출장안마 far from 보령 출장샵

    ReplyDelete